Kerja Mesin Berdasarkan Kondisi Busi dan Solusi untuk Menghemat BBM serta Memaksimalkan Performance Motor
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan
perjalanan mengemudikan sebuah kendaraan dan tiba - tiba mesin mati mendadak, memang sangat tidak nyaman sekali kondisi seperti itu. Salah satu hal penyebabnya bisa dari
komponen pengapian yaitu busi. Maka perlu dilakukan pemeriksaan pada busi tersebut untuk mengetahui bagaimana kondisi akan busi tersebut. Ternyata setelah busi tersebut dilepas terdapati kondisi busi hitam dan berkerak pada bagian elektroda dan
kepala busi . Sebab busi mencerminkan sehat dan tidak nya mesin.
- Busi Normal
Pada kondisi busi seperti ini dapat disimpulkan adanya pengapian serta pembakaran yang sempurna dan dapat ditandai dengan
adanya warna coklat keabu-abuan pada keramik elektroda. Dan kondisi busi terlihat tidak ada penumpukan
deposit atau kerak di sekitar bibir busi dan kepala busi .
- Busi Kuning
Keadaan busi pada warna ini sangatlah terlihat menonjol di bagian insulator atau terjadi
penumpukkan arang berwarna kecoklatan agak mengkilap. Pada kondisi ini
disebabkan mesin sering menanggung beban berat atau sering melakukan
akselerasi dan langsung menurunkan gas secara spontan. Dan yang menjadi penyebab
utamanya adalah karena sering memakai bahan bakar yang beroktan tinggi .
Sedangkan pada mesin 2-tak, kondisi seperti ini terjadi karena adanya campuran oli mesin terlalu banyak atau bisa juga adanya seal oli bocor .
- Busi Hitam Basah Beroli
Sedangkan pada mesin 2-tak, kondisi seperti ini terjadi karena adanya campuran oli mesin terlalu banyak atau bisa juga adanya seal oli bocor .
- Hitam Kering
Pada warna hitam kering ini busi tidak terlalu hitam dan kering menutupi insulator
dan elektroda, hal seperti ini dapat diartikan karena terlalu banyak campuran udara di karburator . Hal seperti ini dapat digambarkan adanya keterlambatan pada waktu pengapian atau terdapat kesalahan dalam memilih tipe busi. Kerja busi dingin cepat
melepaskan panas, sedang untuk jenis busi panas mengumpulkan dan menahan panas agar
suhu pencetus api menjadi setabil .
- Busi Putih / Meleleh
- Busi Putih
Busi seperti ini menandakan pencetus api kerap menerima panas
yang terlalu berlebihan, sehingga menyebabkan elektroda busi menjadi terbakar. Untuk kondisi busi seperti ini
bisa didapati pada pengendara yang ada di kota besar dan lalu lintasnya padat atau macet. Bisa juga pengendara terlalu sering menggeber - geber mesinnya. Bisa jadi,
gejala seperti ini terjadi karena waktu pengapian terlalu maju dan pemilihan
tipe busi yang cenderung panas. Bisa juga terjadi karena adanya detonasi yang disebabkan oleh oktan bahan bakar yang terlalu rendah maka akan menyebabkan penumpukkan
kerak pada busi . Sumber : Astra Honda Motor
Kondisi busi yang kurang baik dapat mengakibatkan menurunnya performa mesin sehingga tidak didapat hasil yang sempurna untuk mencapai top speed dari kendaraan. Selain masalah yang diakibatkan oleh busi juga ada hal lain yang bisa menurunkan performa kerja mesin yaitu kualitas dari bahan bakar yang digunakan.
Ada banyak solusi untuk menambah performa dari mesin, disini saya menyarankan untuk menambahkan 9 Power untuk memaksimalkan kerja motor. Apa itu 9 Power ?
9 Power, adalah sebuah alat yang untuk memaksimalkan performance motor,
menghemat BBM, dan menjadikan motor dan mobil menjadi full speed .
9 Power untuk semua mesin 2 tak, 4 tak & Matic dan telah diuji dengan Dyno Test (ada ditiap belakang box). Untuk info selengkapnya tentang 9 Power, kunjungi relasi toko online kami.
Semoga bahasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk pembaca sekalian, khususnya pemilik kendaraan yang sedang mempunyai masalah pada performa mesin.
No comments:
Post a Comment