SELAMAT  DATANG  DISITUS  "MEDIA BELAJAR OTOMOTIF"  MEDIA SEPUTAR TEKNOLOGI  |  OTOMOTIF  |  MOTIVASI  |  BISNIS  DAN  INTERNET  ===> TERIMA  KASIH  ATAS  KUNJUNGAN  ANDA <=== 

Cara Membina Keluarga Harmonis

Saran Untuk Menjadi Keluarga Harmonis




Ada beberapa saran yang bisa saya sampaikan disini :

1. Perlu saudaraku pahami bahwa sejahat-jahatnya orang tua kita, kita tetap tidak boleh membenci mereka. Bahkan jika mereka menyuruh kita wajib ditaati, selama tidak maksiat. Allah SWT berfirman : “Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu- bapaknya. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Hanya kepada-Ku-lah kembalimu, lalu Aku kabarkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan” (QS. 29 : 8).

2. Seorang anak agak sulit untuk menasehati orang tuanya karena mereka merasa lebih paham dan lebih dewasa. Oleh karena itu, jika Anda ingin menasehati ayah Anda, maka anda perlu meminta bantuan kepada orang yang disegani ayah Anda. Orang tersebut mungkin saja adalah orang tuanya, kakaknya, guru ngajinya atau tokoh masyarakat yang disegani. Minta bantuan kepada mereka dan minta agar nama Anda tidak perlu disebut sebagai orang yang mengadu tentang perilaku ayah Anda.

3. Sikap Anda yang membantu ibu dan adik-adik dalam masalah ekonomi harus tetap dipertahankan. Selain karena keluarga Anda juga membutuhkan bantuan nafkah dari Anda, juga dalam rangka menjaga wibawa Anda di hadapan orang tua (terutama ayah) dan adik-adik-adik Anda. Mungkin saja suatu ketika ayah Anda mendapatkan hidayah karena merasa malu melihat anaknya rajin mencari nafkah sedang dia sendiri bermalas-malasan.

4. Tugas Anda adalah membantu adik-adik Anda sampai mereka bisa mandiri (patokannya sudah bekerja atau menikah). Setelah itu Anda tidak lagi wajib membantu adik Anda. Masa depan adik Anda tergantung pada diri mereka masing-masing. Anda tidak perlu terlalu khawatir karena setiap orang sudah mempunyai rezekinya masing-masing yang dijamin oleh Allah SWT.

5. Kondisi keluarga yang kurang harmonis bukan menjadi halangan bagi Anda untuk mencari jodoh. Namun saran saya, carilah jodoh ketika Anda sudah siap untuk menikah, sehingga dapat langsung segera menikah dan tidak memboroskan uang dengan pacaran. Ceritakan apa adanya kepada calon isteri tetntang kondisi keluarga Anda. Jika calon isteri Anda benar-benar mencintai Anda, niscaya ia akan siap mendampingi Anda walau keluarga Anda kurang harmonis.

6. Jangan lupa untuk rajin berdoa. Meminta kepada Allah SWT agar orang tua Anda berubah (terutama ayah) dan agar mendapatkan jodoh yang sholihah dan mengerti kondisi keluarga Anda.

Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan urusan Anda.

No comments:

Post a Comment