SELAMAT  DATANG  DISITUS  "MEDIA BELAJAR OTOMOTIF"  MEDIA SEPUTAR TEKNOLOGI  |  OTOMOTIF  |  MOTIVASI  |  BISNIS  DAN  INTERNET  ===> TERIMA  KASIH  ATAS  KUNJUNGAN  ANDA <=== 

TUNE UP TOYOTA KIJANG 5K

PERAWATAN ENGINE TOYOTA KIJANG 5K dan BAGIAN – BAGIAN TUNE UP RINGAN ENGINE TOYOTA SERI 5K


Apa itu Tune Up ?
Tune up adalah usaha untuk mengembalikan kondisi seperti semula apabila mesin mengalami gangguan dan kerusakan akibat pemakaian secara terus- menerus. Tujuan dari tune up adalah agar mesin tetap menghasilkan tenaga yang maksimal dan senantiasa dalam kondisi baik. Tune up/service berkala pada mesin / motor ini dilakukan secara periodik yang meliputi :

1. SISTEM PENDINGIN

a. Tinggi air pendingin Sampai garis atas (full)
b. Kualitas air pendingin Jernih tanpa kotoran
c. Pemeriksaan kebocoran Tidak ada kebocoran
d. Kapasitas air pendingin 6.5 liter
e. Tekanan pembuka katup tutup radiator
- Standar 0.75 – 1.05 kg/cm2
- Limit 0.6 kg/cm2

2. TALI KIPAS

a. Pompa air – Alternator
- Tali kipas baru 5 – 7 mm
- Tali kipas terpakai 7 – 11 mm
b. Poros engkol – Kompressor A/C
- Tali kipas baru 9 – 12 mm
- Tali kipas lama (bekas) 12 – 16 mm
Defleksi tali kipas pada 10 kg (22 lb)

3. SISTEM PELUMASAN

a. Pemeriksaan tinggi pelumas (oli) Sampai garis atas (full)
b. Pemeriksaan kualitas pelumas Baik
c. Pengisian kembali API service SE , SAE 20 – 40 W
- Pengisian kering dengan saringan oli 3.7 liter
- Kuras dan isi kembali dengan saringan oli 3.5 liter
- Kuras dan isi kembali tanpa ganti saringan oli 3.0 liter

4. BATERAI / ACCU

a. Berat jenis elektrolit1.25 – 1.27 pada 20 C
b. Pemeriksaan tinggi elektrolit baterai Sampai garis atas (full)

5. SISTEM PENGAPIAN

a. Koil :
- Resistor : Tahanan eksternal resistor1.1 – 1.3 Ω Tahanan internal resistor 0.9 – 1.2 Ω
- Koil pengapian :

· Tahanan primary coil :
Ø Tanpa internal resistor 1.3 – 1.6 Ω
Ø Dengan internal resistor 1.5 – 1.9 Ω

· Tahanan secondary coil :
Ø Tanpa internal resistor 10.7 – 14.5 kΩ
Ø Dengan internal resistor 13.7 – 18.5 kΩ

· Tahanan penyekatan antara terminal (+) dan pemegang koil. Tak terhingga
b. Kabel tegangan tinggi Kurang dari 25 kΩ/ kabel
c. Distributor :

- Tutup distributor Baik
- Celah rubbing block 0.4 – 0.5 mm
- Celah udara 0.2 – 0.4 mm
- Sudut dwell 52 derajat ± 6 derajat
- Saat pengapian 5 derajat sebelum TMA/idling @ maks. 900 rpm

d. Busi Dibersihkan dengan celah busi 0.7 – 1.0 mm i
e. Tekanan kompresi

- Standar 12.6 kg/cm2
- Limit 9.5 kg/cm2
- Perbedaan tekanan antara silinder Kurang dari 1.0 kg/cm2

6. SISTEM BAHAN BAKAR

a. Saringan udara Dibersihkan
b. Saringan bahan bakar Dibersihkan
c. Karburator Katup trotel terbuka penuh Katup cuk harus tertutup penuh apabila tombol cuk ditarik sampai habis
d. Celah katup :

- Buang 0.20 mm
- Hisap 0.30 mm

7. PUTARAN IDLE 750 RPM

8. KONSENTRASI CO IDLE 1.0 – 2.0 % system HIC mati


Catatan :
Standart Operational Prosedurs (SOP) diambil berdasarkan buku : PT. Toyota – Astra Motor : Pedoman Reparasi Mesin Seri K

Dapatkan alat penghemat bbm elektronik : Fuel Shark - Alat Penghemat BBM Mobil Unik .
Mulai hari ini kamu gak perlu ragu lagi untuk menggunakan bahan bakar non subsidi, karena dengan Fuel Shark kamu bisa hemat bensin 10%-30%. Cara kerja fuel shark : Caranya Cukup colokkan Fuel Shark ke soket lighter 12V di mobil, Fuel Shark akan membantu menstabilkan dan mengefisiensikan sistem elektronik mobil sehingga pemakaian bensin menjadi lebih sedikit .
http://tokoone.com/alat-penghemat-bbm-penghemat-bbm-mobil/?affid=11528

Fuel shark ialah berupa stabilizer tegangan listrik, dan akan menstabilkan listrik mobil anda secara instan sehingga menghasilkan kombusi yang lebih baik, listrik yang lebih stabil, meningkatkan tenaga mobil, emisi yang lebih baik dan menghemat bahan bakar (karena sumber listrik dari mobil berasal dari bahan bakar minyak, penghematan pada listrik secara otomatis menghemat bahan bakar minyak). Tinggal colok pada soket lighter mobil anda, dan saat itu juga anda mulai menghemat ! Penghematan pada umumnya antara 5-15% tergantung jenis mobil, usia mesin, dan beberapa faktor lainnya.

Baca juga  :

3 comments:

  1. mas keterangan relay 30, 85, 86, 87 koq ngk ada ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf cuman bantu jawab.
      85 = ground
      87 = lampu/hasil
      86 = saklar
      30 = saklar+fuse out/batere +

      Delete