Sunday, 26 May 2013

Sistem Pengapian Konvensional


PENGERTIAN KOMPONEN PADA SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL MESIN BENSIN.

Vaccum Advancer

Fungsinya memberi informasi campuran bahan bakar dari intake manifold pada interval waktu antara saat terjadinya penyalaan dan saat diperoleh tekanan kompresi maksimum adalah tidak tetap, tetapi berubah-ubah sesuai kecepatan pembakaran. Jika campuran bahan bakar kaya (AFR air fuel ratio pada campuran gas bakar lebih sedikit) dan tekanan kompresi menjadi lebih tinggi. Dia akan terbakar dengan waktu yang lebih cepat sewaktu di sulut oleh busi.

Jika campuran bahan bakar miskin (AFR air fuel ratio pada campuran gas bakar lebih banyak) dan kompresi menjadi lebih rendah campuran aka terbakar dengan waktu yang lebih lambat dibanding dengan campuran kaya.

Jumlah campuran udara dan bahan bakar didalam silinder ( pada awal langkah kompresi) berubah pada tekanan posisi pembukaan throtle valve dengan demikian terjadi pembakaran pada kompresi pada rentang kerja engine. Dan campuran bahan bakar lebih cepat meledak sebelum waktu pengapian disetiap silinder sehingga menyebabkan terjadinya detonasi atau pembakaran mandiri tanpa percikan bunga api busi yang dapat merusak komponen lainya didalam engine, untuk menghindari kejadian tersebut butuh seperangkat Mekanisme pengendali pengapian yang bekerja sesuai kevacuman pada intake manifold, sehingga dengan adanya vacum advancer timing pengapian bisa menyesuaikan diri sesuai beban campuran bahan bakar pada intake manifold. Terdiri dari unit diafragma, vacum dihubungkan dengan plate dudukan distributor dan sisi lain diafragma, ditahan pada posisinya oleh pegas. Pelat dudukan dan kontak point akan berputar saat diafragma berhubungan dengan kevacuman (negative air compresion) pada intake manifold (saluran masuk pada mesin).

Kondensator / Kondensor

Fungsinya mencegah percikan bunga api pada kontak point (platina) saat kontak point mulai terbuka pada siklusnya, arus yang berlebihan mengalir ke kondensor pada saat kontak point terpisah.


Kondensor terdiri dari beberapa lembar kertas timah yang masing-masing lapisan diberi isolator kertas flafin, lembar tersebut digulung dengan ketat sehingga berbentuk silinder. Masing-masing kumpulan plat dihubungkan dengan satu kawat, sebagai kutub positif dan negatif. Kondensor biasanya dipasang didalam distributor dan ada juga yang dipasang di luar distributor.

Kondensor diperlukan karena, point-point terbuka dan tertutup secara mekanis, gerakan tersebut sangat lambat dibandingkan dengan kecepatan aliran arus listrik.

Kontak point tersebut hanya membuka sedikit sekitar ±0,45mm, tegangan didalam koil dapat menjadi sangat tinggi, tanpa kondensor yang terjadi adalah teganga induksi dari dalam lilitan primer koil, menjadi sangat tinggi mendorong arus meloncati celah membakar permukaan kontak point. Aliran arus tidak dapat cepat berhenti dan medan magnet kolap sangat lambat, karena tegangan sekunder terlalu rendah untuk menyalakan busi.

Sentrifugal Advancer

Fungsinya untuk mendapatkan saat pengapian yang tepat disetiap rentang waktu putaran mesin (RPM rotasi per minute pada crankshaft), pemajuan timing pengapian diperlukan saat putaran engine naik, distributor mempuyai mekanisme sentrifugal yang terdiri dari 2 buah pemberat yang mempunyai titik tumpu dibagian bawah distributor.

Kedua pemberat ini ditahan pada dudukanya oleh pegas berputar dengan sumbu distributor, jika kecepatan putar naik pemberat terlempar ke arah luar (karena terpengaruh gaya sentrifugal) melawan tarikan pegas dan akhirnya memajukan bubungan konyak point. Cam lobe dapat bergerak bebas pada poros distributor dan saat pemberat bergerak kearah luar akibat gaya sentrifugal bubungan bergeser atau berputar searah dengan putaran poros. Hal ini membuat bubungan kontak point bersinggungan lebih cepat dengan kontak point. Dengan demikian timing pengapian dapat menyesuaikan dengan keadaan konkret mesin. (kerjasama antara pengatur perubahan timing pengapian sentrifugal dan vacum advancer secara otomatis memberikan perubahan yang pasti terhadap saat pengapian di setiap rentang kerja engine.

Sumber ; Indo Library/Wordpress

No comments:

Post a Comment

National Car Care at Auto Parts Warehouse

My Blog List