SELAMAT  DATANG  DISITUS  "MEDIA BELAJAR OTOMOTIF"  MEDIA SEPUTAR TEKNOLOGI  |  OTOMOTIF  |  MOTIVASI  |  BISNIS  DAN  INTERNET  ===> TERIMA  KASIH  ATAS  KUNJUNGAN  ANDA <=== 

Cara Memeriksa Tegangan Aki

Memeriksa Tegangan Aki dengan Multi Meter / Tester


Pada beberapa waktu yang lalu telah kita bahas tentang Sistem Pengapian CDI, sekarang kita lanjutkan bagaimana cara memeriksa tegangan aki bila sewaktu-waktu kendaraan kita ngadat tidak mau untuk distarter, bahkan diklakson pun bunyinya pelan serta beberapa aksesoris tidak berfungsi dengan baik dilihat dari lampu indikator panel kendaraan. Simak tips dibawah ini bagaimana cara memeriksanya .

Tips Memeriksa Tegangan Aki Mobil Menggunakan Multi meter. Jika mobil Anda tidak bissa distarter, lampu redup atau tidak menyala sama sekali, Anda perlu memeriksa aki mobil Anda. Sebuah multi-meter bisa digunakan untuk memeriksa dan menguji berbagai komponen listrik termasuk aki mobil. 

Multi-meter / tester mudah untuk digunakan,  sebaiknya Anda memilikinya untuk memeriksa aki mobil serta berbagai peralatan elektronik lain. Berikut adalah cara memeriksa aki mobil menggunakan multi-meter. 

Cara Menggunakan Multi-meter / Tester untuk Memeriksa Aki Mobil : 

  1. Buka kap mobil & temukan posisi aki. Cari terminal positif (+) pada aki. Lepaskan pelindung pada terminal positif.
  2. Hubungkan kabel positif multi-meter (warna merah) ke terminal positif aki mobil.
  3. Hubungkan kabel negatif multi-meter (warna hitam) ke terminal negatif aki mobil.
  4. Bila aki mobil berfungsi, tegangan pada meteran multi-meter harus terbaca antara 12,5 sampai 12,8 volt, bila bacaan kurang dari 12,5 volt, Anda perlu men-charge aki mobil Anda. 

Memeriksa Aki Mobil dengan Multi-meter / Tester setelah Mobil dinyalakan :

  • Pengukuran ini harus dilakukan saat mesin mobil sudah dinyalakan. Hubungkan kabel positif multi-meter (warna merah) ke terminal positif aki mobil & kabel negatif multi-meter (warna hitam) ke terminal negatif aki mobil.
  • Periksa hasil pengukuran apakah tegangan berada pada rentang 13,5-14,5 volt atau lebih, bila tegangan kurang dari 13,5 volt, hal ini berarti alternator tidak memproduksi cukup arus untuk mengisi aki. Anda mungkin perlu segera pergi ke bengkel untuk memeriksa fungsi alternator mobil Anda.
  • Lakukan pengujian alternator di bengkel mobil atau dibengkel Dinamo Anda mungkin perlu mengganti alternator, karena tidak dapat mensuplai sistem pengisian dengan baik.

Sekian bahasan tentang Cara memeriksa tegangan Aki pada Kendaraan, Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengalaman Kita tentang perawatan komponen-komponen yang berkaitan dengan Otomotif.

No comments:

Post a Comment