SELAMAT  DATANG  DISITUS  "MEDIA BELAJAR OTOMOTIF"  MEDIA SEPUTAR TEKNOLOGI  |  OTOMOTIF  |  MOTIVASI  |  BISNIS  DAN  INTERNET  ===> TERIMA  KASIH  ATAS  KUNJUNGAN  ANDA <=== 

Cara Menganalisa Busi dan Solusinya

Kerja Mesin Berdasarkan Kondisi Busi dan Solusi untuk Menghemat BBM serta Memaksimalkan Performance Motor

http://otomotif-sae576.blogspot.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perjalanan mengemudikan sebuah kendaraan dan tiba - tiba mesin mati mendadak, memang sangat tidak nyaman sekali kondisi seperti itu. Salah satu hal penyebabnya bisa dari komponen pengapian yaitu busi. Maka perlu dilakukan pemeriksaan pada busi tersebut untuk mengetahui bagaimana kondisi akan busi tersebut. Ternyata setelah busi tersebut dilepas terdapati kondisi busi hitam dan berkerak pada bagian elektroda dan kepala busi . Sebab busi mencerminkan sehat dan tidak nya mesin.

 Berikut dibawah ini tanda kondisi kinerja mesin berdasarkan warna kepala busi :
  • Busi Normal
Pada kondisi busi seperti ini dapat disimpulkan adanya pengapian serta pembakaran yang sempurna dan dapat ditandai dengan adanya warna coklat keabu-abuan pada keramik elektroda. Dan kondisi busi terlihat tidak ada penumpukan deposit atau kerak di sekitar bibir busi dan kepala busi .

  • Busi Kuning
Keadaan busi pada warna ini sangatlah terlihat menonjol di bagian insulator atau terjadi penumpukkan arang berwarna kecoklatan agak mengkilap. Pada kondisi ini disebabkan mesin sering menanggung beban berat atau sering melakukan akselerasi dan langsung menurunkan gas secara spontan. Dan yang menjadi penyebab utamanya adalah karena sering memakai bahan bakar yang beroktan tinggi .

  • Busi Hitam Basah Beroli
Pada mesin 4-tak, kondisi busi seperti ini disebabkan adanya seal valve / katup mengalami kebocoran sehingga oli mesin ikut masuk keruang bakar saat proses pembakaran. Pada kondisi seperti ini juga dapat terjadi karena liner silinder ada goresan, atau didapati ring piston yang sudah aus atau patah.
Sedangkan pada mesin 2-tak, kondisi seperti ini terjadi karena adanya campuran oli mesin terlalu banyak atau bisa juga adanya seal oli bocor .
  • Hitam Kering
Pada warna hitam kering ini busi tidak terlalu hitam dan kering menutupi insulator dan elektroda, hal seperti ini dapat diartikan karena terlalu banyak campuran udara di karburator . Hal seperti ini dapat digambarkan adanya keterlambatan pada waktu pengapian atau terdapat kesalahan dalam memilih tipe busi. Kerja busi dingin cepat melepaskan panas, sedang untuk jenis busi panas mengumpulkan dan menahan panas agar suhu pencetus api menjadi setabil .

  • Busi Putih / Meleleh
Untuk kondisi seperti ini diakibatkan oleh adanya setingan pengapian yang tidak tepat. Bisa juga terjadi karena adanya kandungan oktan yang terlalu tinggi dan kerja mesin dipacu dengan kecepatan tinggi, sehingga suhu di ruang bakar menjadi overheating. Maka akan mengakibatkan elektroda busi menjadi patah serta meleleh .
  • Busi Putih
Busi seperti ini menandakan pencetus api kerap menerima panas yang terlalu berlebihan, sehingga menyebabkan elektroda busi menjadi terbakar. Untuk kondisi busi seperti ini bisa didapati  pada pengendara yang ada di kota besar dan lalu lintasnya padat atau macet. Bisa juga pengendara terlalu sering menggeber - geber mesinnya. Bisa jadi, gejala seperti ini terjadi karena waktu pengapian terlalu maju dan pemilihan tipe busi yang cenderung panas. Bisa juga terjadi karena adanya detonasi yang disebabkan oleh oktan bahan bakar yang terlalu rendah  maka akan menyebabkan penumpukkan kerak pada busi . Sumber : Astra Honda Motor

Kondisi busi yang kurang baik dapat mengakibatkan menurunnya performa mesin sehingga tidak didapat hasil yang sempurna untuk mencapai top speed dari kendaraan. Selain masalah yang diakibatkan oleh busi juga ada hal lain yang bisa menurunkan performa kerja mesin yaitu kualitas dari bahan bakar yang digunakan.

Ada banyak solusi untuk menambah performa dari mesin, disini saya menyarankan untuk menambahkan 9 Power untuk memaksimalkan kerja motor. Apa itu 9 Power ?
9 Power, adalah sebuah alat yang untuk memaksimalkan performance motor, menghemat BBM, dan menjadikan motor dan mobil menjadi full speed .

9 Power

9 Power untuk semua mesin 2 tak, 4 tak & Matic dan telah diuji dengan Dyno Test (ada ditiap belakang box). Untuk info selengkapnya tentang 9 Power, kunjungi relasi toko online kami.


Semoga bahasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk pembaca sekalian, khususnya pemilik kendaraan yang sedang mempunyai masalah pada performa mesin.

No comments:

Post a Comment