SELAMAT  DATANG  DISITUS  "MEDIA BELAJAR OTOMOTIF"  MEDIA SEPUTAR TEKNOLOGI  |  OTOMOTIF  |  MOTIVASI  |  BISNIS  DAN  INTERNET  ===> TERIMA  KASIH  ATAS  KUNJUNGAN  ANDA <=== 

Penyebab Oli Mesin Bercampur Air


Penyebab Oli Mesin Bercampur Air

Pada kesempatan kali ini membahas tentang penyebab bercampurnya air dalam mesin dan ini terjadi pada mesin kijang 5K. Proses terjadinya air yang masuk melalui saluran oli dan menyebabkan oli berubah warna menjadi coklat susu dan merembesnya air melalui lubang knalpot saat mesin hidup. Awalnya mengira kalau kebocoran tersebut pada bagian segitiga penutup dengan 4 baut pada sisi head silinder dan setelah dicek bukan. Karena pada segitiga penutup tersebut masih dalam kondisi bagus packing perapatnya dan ini berarti ada bagian lain yang menyebabkan air radiator merembes sampai pada permukaan lantai.Lalu dilakukan pembongkaran melepas head silinder.

Selanjutnya pengecekan tahap kedua dilakukan dengan identivikasi kerusakan pada packing head silinder setelah dilepas dari blok mesin ternyata benar terjadi kerusakan packing pada lubang ruang bakar yang keempat terjadi keausan pada tepinya karena proses pembakaran. Dan ini menyebabkan air masuk melalui bagian packing yang aus tersebut menuju kepiston dan terhisap oleh kerja dari klep yang membuka tutup yan menyebabkan air keluar melalui knalpot dan sebagian lagi masuk kedalam mesin.

Keputusan terakhir yang harus diambil adalah mengganti packing head silinder dengan yang baru sesuai dengan type dari mesin tersebut yaitu seri 5K. Dan setelah dilakukan penggantian packing head harus diteliti lagi untuk memastikan tidak ada kebocoran lain pada mesin. Karena kalau tidak dilakukan tindakan lebih lanjut lagi bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi pada bagian mesin yang lain terutama komponen bergerak bisa macet karena karat dan akhirnya bisa merusak mesin.



Alhasil setelah dilakukan penggantian packing head serta pengecekan lebih lanjut ternyata tidak lagi ditemukan tetesan air dari bagian mesin dan oli juga aman dari air. Ini berarti pekerjaan telah selesai dan keadaan mesin tersebut kembali normal. Demikianlah uraian singkat dari langkah kerja perbaikan dari bocornya air pendingin pada mesin yang diakibatkan rusaknya packing head silinder.

Dan semoga bahasan tersebut diatas bisa berguna bagi pembaca. Terima kasih atas kunjungannya di blog Media Belajar SAE 576

No comments:

Post a Comment